Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jurnal Skripsi - Modal Menulis Menurut Para Ahli

Jurnal Skripsi - Modal Menulis Menurut Para Ahli

Kegiatan menulis khususnya bagi penulis pemula tentunya masih banyak kendala yang dihadapi. Zainurrahman, (2011: 15) mengemukakan hal-hal dasar yang perlu diperhatikan oleh penulis sebagai berikut: (1) fokus terhadap ide yang ingin disampaikan, agar tulisannya tidak melebar ke arah yang tidak direncanakan, (2) konsistensi terhadap pemilahan kata dan menjaga fokus, (3) pengembangan ide yang menarik untuk memancing motivasi pembaca, (4) penulis perlu membaca laporan penelitian yang lain, jika menulis novel, maka perlu membaca novel yang lain, (5) memperhatikan pilihan kata, cara eksplorasi ide, pilihan ilustrasi dan lain sebagainya, (6) kejelasan dalam penulisan, (7) pengembangan paragraf untuk menyampaikan suatu ide pokok, dengan sejumlah ide pendukung, sebagai informasi yang ingin disampaikan kepada pembaca.

Agar seorang penulis mampu menghasilkan tulisan yang baik maka perlu adanya latihan dan usaha yang maksimal dari penulis. Suparno & Yunus (2011: 1.5) mengemukakan bahwa dalam menulis harus mencoba dan berlatih berulang kali: memilih topik, menentukan tujuan, mengenali pembaca, mencari informasi pendukung, menyusun kerangka karangan, serta menata dan menuangkan ide-idenya secara runtut dan tuntas dalam racikan bahasa yang terpahami. Menurut D’ Anggelo (1980) dasar dalam menulis harus menguasai prinsip-prinsip menulis dan berfikir, yang akan dapat menolongnya mencapai maksud dan tujuannya. Hal paling penting di antara prinsip-prinsip yang dimaksudkan itu adalah penemuan, susunan dan gaya. Secara singkat: belajar menulis adalah belajar berpikir dalam/dengan cara tertentu (Tarigan, 2008: 23).

Dari pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa modal dasar menulis merupakan kegiatan persiapan yang menjadi pendukung dalam penulisan yaitu: (1) fokus terhadap ide yang ingin disampaikan, (2) mengenali pembaca, (3) mencari informasi pendukung, (4) menyusun kerangka karangan, (5) menuangkan ide gagasan ke dalam bentuk tulisan secara runtut, (6) susunan dan gaya penulisan, (7) latihan berulang kali dalam memilih ide, mengenali pembaca, mencari informasi pendukung, penuangan gagasan, dan susunan gaya penulisan.

Nah demikianlah Jurnal Skripsi - Modal Menulis Menurut Para Ahli, semoga bermanfaat bagi adik-adik kuliah yang membutuhkannya. Jangan lupa share ke temaan-teman yang membutuhkan informasi ini.

Posting Komentar untuk "Jurnal Skripsi - Modal Menulis Menurut Para Ahli"