Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu P5 di Sekolah Dasar?

SDN Rawamangun 09 Gelar Karya P5



Berikut ini contoh gelar karya P5 kelas 1 dan 4 SDN Rawamangun 09 pada bulan desember 2022 yang menampilkan hasil kerajinan dan olahan makanan hasil karya anak dibantu guru dan orang tua siswa.

Pengertian P5 dalam Kurikulum Merdeka

Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam yang mana kegiatannya akan lebih dioptimalkan agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi.

Kurikulum ini sudah diperkenalkan secara resmi pada awal tahun 2022, tepatnya di bulan Februari. Kurikulum ini akan menjadi pengganti Kurikulum 2013 . 

Kenapa kurikulum sebelumnya harus diganti dengan Kurikulum Merdeka? Menurut Pak Menteri Nadiem Makarim, kurikulum yang sekarang digunakan memiliki sejumlah kelemahan dalam penerapannya, terutama saat masa pandemi lalu di mana kegiatan belajar mengajar dilakukan secara online.

Ditambah lagi, banyak siswa yang mengalami learning loss karena pembelajaran jarak jauh yang dilakukan selama pandemi Covid-19. Untuk mengatasi masalah tersebut, akhirnya diluncurkanlah Kurikulum Merdeka yang lebih fleksibel, ringkas, dan sederhana.

Secara konsep, tentu akan ada perbedaan antara Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka, seperti mata pelajaran IPA dan IPS digabungkan di tingkat Sekolah Dasar, mata pelajaran Informatika menjadi mata pelajaran wajib di tingkat SMP, dan tidak ada penjurusan di tingkat SMA. 

Selain itu, di Kurikulum Merdeka ini juga muncul beberapa istilah yang sering digunakan. Salah satunya adalah Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila atau disingkat menjadi P5. 

Dilansir dari dokumen yang diterbitkan oleh Kemendikbud, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Kurikulum Merdeka adalah kegiatan kokurikuler berbasis projek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila yang disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan.

Dalam pelaksanaannya, P5 ini dapat dilakukan secara fleksibel, baik dari segi muatan, kegiatan, dan waktu pelaksanaan.

P5 dalam Kurikulum Merdeka juga dirancang terpisah dari intrakurikuler. Hal ini dikarenakan tujuan, muatan, dan kegiatan pembelajaran projeknya tidak berkaitan dengan tujuan dan materi pelajaran intrakurikuler.

Posting Komentar untuk "Apa Itu P5 di Sekolah Dasar?"