Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Metode Inquiry-Based Learning

Pengertian Metode Inquiry-Based Learning

Bagaimana jika pembelajaran digerakkan oleh pertanyaan? Inilah yang dimaksud dengan pembelajaran berbasis inkuiri / Metode Inquiry-Based Learning: pembelajaran ini melibatkan siswa dengan membuat hubungan dengan dunia nyata melalui eksplorasi dan pertanyaan tingkat tinggi.
Metode Inquiry-Based Learning
 

Kelebihan Metode Inquiry-Based Learning

1. Guru membimbing siswa untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah. Untuk mempelajari keterampilan ini, guru membantu siswa memikirkan proses mereka, mengajarkan mereka pendekatan yang memungkinkan, dan mendorong mereka untuk mencoba berbagai metode.
2. Siswa didorong untuk gagal sebagai bagian dari proses dan kemudian meningkatkan kinerja mereka dalam kegiatan berikutnya.
3. Alih-alih mengulangi jawaban yang telah diajarkan, siswa belajar untuk mencari jawaban mereka sendiri atas pertanyaan. Jadi, siswa mengembangkan keterampilan penelitian yang kuat.

Kekurangan Metode Inquiry-Based Learning

1. Karena siswa selalu didorong untuk berbicara, berpartisipasi, dan tidak takut gagal, selalu ada risiko mempermalukan siswa yang mungkin bukan pemikir cepat (atau yang menderita ketidakmampuan belajar dan masalah pemrosesan). Hal ini menyebabkan tingkat kecemasan yang lebih tinggi dan hilangnya motivasi.
2. Hal ini dapat mengakibatkan kinerja pengujian standar yang lebih buruk. Ketika terlalu banyak waktu yang didedikasikan untuk pertanyaan siswa, selalu ada risiko bahwa topik-topik "inti" yang penting dapat terlewatkan. Tentu saja, hal ini dapat menurunkan kinerja pengujian standar.

Namun, kita dapat menemukan beberapa teknik dan ide yang berguna dalam pembelajaran berbasis inkuiri untuk menerapkannya dengan hati-hati ke dalam pelajaran dan mengambil manfaat darinya, karena pendekatan ini memberikan banyak kesempatan untuk mendorong kemampuan siswa dalam memecahkan masalah.

Posting Komentar untuk "Apa itu Metode Inquiry-Based Learning"