Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkuman Materi SBDP Tema 9 Kelas 6 SD

Berikut ini rangkuman secara umum materi SBDP di kelas 6 pada tema 9:

Oleh:
Bu Sri Mulyani, Bu Ruslina, Pak Satria


A) Perbedaan alat musik ritmis dan melodis


1. Alat musik ritmis

Alat musik ritmis, adalah alat musik yang tidak punya tangga lagu alias nadanya tidak tetap. Biasanya alat musik ritmis digunakan sebagai pengiring lagu, yang fungsinya sebagai pengatur tempo atau irama lagu.

Ada banyak jenis alat musik ritmis, mulai dari yang dipukul, dikocok dan digesek. Contohnya drum, gong, kendang, tamborin, timpani, rebana dan triangle.

2. Alat musik melodis

Alat musik melodis, merupakan suatu alat musik yang memiliki tangga nada, serta menghasilkan nada atau melodi dalam sebuah lagu. Karena itu, alat musik melodis banyak digunakan untuk mengatur nada utama sebuah lagu. Tapi di satu sisi, alat musik melodis juga bisa lho dimainkan secara solo atau tanpa alat musik lainnya.

Ada banyak jenis alat musik melodis, mulai dari yang dipetik, diisap, digoyang dan digesek. Contohnya seruling, pianika, piano, biola, gitar, kecapi, harmonika dan sasando.

Apa Perbedaan Alat Musik Ritmis dan Melodis?

Jadi ini perbedaan keduanya:

  1. Alat musik melodis punya tangga nada, sementara alat musik ritmis tidak.
  2. Alat musik melodis banyak digunakan untuk mengatur nada utama sebuah lagu. Sedangkan alat musik ritmis biasa digunakan untuk pengiring lagu, yang berfungsi sebagai pengatur tempo.
  3. Cara memainkan alat musik melodis bisa dipetik, diisap, digoyang dan digesek. Sementara alat musik ritmis bisa dipukul atau dikocok.

B) Teknik Membuat Patung


1. Teknik Butsir: Patung berbahan tanah liat atau semen. Caranya adalah dnegan memijit bahan untuk membentuknya menjadi bentuk yang diinginkan. Selain tanah liat dan semen, bahan lain yang digunakan untuk membuat patung dengan teknik butsir adalah lilin, plastisin dan bubur kertas.
2. Teknik Pahat atau Ukir: Teknik pahat atau ukir digunakan untuk patung yang berbahan kayu atau batu. Caranya adalah mengurangi bahan dan membentuknya sesuai bentuk patung yang diinginkan.

3. Teknik Cor: Teknik cor adalah teknik pengerjaan patung yang dibuat dari bahan logam. Sebelum mengecor, seorang pematung harus membuat cetakan terlebih dhaulu. Bahan untuk membuat cetakan berbeda dengan bahan untuk membuat patung. Contohnya jika bahan membuat patung adalah logam maka bahan yang digunakan untuk membuat cetakannya adalah tanah liat atau gips.
4. Teknik Cetak: Teknik cetak adalah teknik pengerjaan yang digunakan pada patung berbahan gips atau fiber.
5. Teknik Konstruksi: Teknik konstruksi adalah teknik pengerjaan patung dengan cara menempelkan bagian yang satu dengan yang lain sedikit demi sedikit sehingga menjadi karya seni patung. Bahan yang digunakan bervariasi, biasanya adalah bahan tanah liat, lilin, bubur kertas, dan logam.
Macam teknik konstruksi yang bisa diterapkan: 
Merangkai, merakit, dan menempel.

Posting Komentar untuk "Rangkuman Materi SBDP Tema 9 Kelas 6 SD"